Resep dan Cara Membuat Iga Kambing Bakar Empuk yang Sedap dan Istimewa

Sahabat Nyumplik.com tentunya anda sering kebingungan dalam menentukan atau menyajikan menu makan untuk keluarga di rumah yang lezat dan spesial, tidak sedikit ibu rumah tangga yang merasa bingung atau galau dalam menentukan resep yang cocok atau pas sesuai dengan selera lidah. Moms kadang merasa bosan menyajikan menu makan yang itu-itu saja dan pada akhirnya kita harus merogoh kantong untuk jajan di luar yang sesuai dengan selera lidah selain itu tak jarang mams selalu mendapat protes dari anggota keluarganya karena masakan yang selalu sama.

Resep dan Cara Membuat Iga Kambing Bakar Empuk yang Sedap dan Istimewa
Resep dan Cara Membuat Iga Kambing Bakar Empuk yang Sedap dan Istimewa

Tentunya banyak sekali ragam kreasi yang akan membuat menu makan yang beragam itu semua tercipta dari ibu yang kreatif. Sebenarnya banyak menu makan yang bisa kita sajikan di rumah. Hal utama yang harus anda lakukan yaitu pintar-pintar dalam mencari resep untuk keluarga yang menarik dan pas di lidah.

Masakan yang akan kami sarankan untuk menjadi salah satu menu makan yang bisa anda buat di rumah untuk menemani kebersamaan dalam acara makan bersama keluarga yaitu iga kambing bakar. Jika anda biasanya anda sering membelinya di luar dengan harga yang cukup merogoh kocek, saat ini anda bisa menikmati sajian lezat dan nikmat ini dengan membuatnya sendiri di rumah tentunya dengan resep yang sudah kami siapkan. Selain cara membuatnya yang praktis dan mudah, resepnya pun tidak ribet. ( Baca Juga : Bakwan Jagung Spesial )

Tentunya dengan hadirnya menu makanan yang baru dan spesial akan membuat nafsu makan semua anggota keluarga semakin tergugah denagan resep spesial iga kambing bakar di meja makan. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang enak akan sangat memanjakan di lidah setiap penikmat kuliner lezat dimana aromanya yang khas daging kambing akan menambah nafsu makan anggota keluarga. Yuk jadikan acara makan anda lebih istimewa dengan kehadiran iga bakar kambing yang lezat dan mantap. Untuk anda yang ingin membuatnya di rumah, yuk kita intip resep dan cara membuat iga kambing bakar empuk yang sedap dan istimewa.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Iga Kambing Bakar

• 750 gram iga kambing
• 1 sendok makan saus tomat
• 2 siung bawang putih
• 1/2 sendok teh garam
• 1 sendok makan saus sambal
• 2 sendok teh merica hitam yang sudah ditumbuk kasar
• 2 sendok makan saus tiram
• 2 sendok makan kecap manis
• 300 ml air
• 2 sendok teh gula pasir
• 1 buah bawang bombay

Cara Membuat Iga Kambing Bakar yang Sedap dan Istimewa

Setelah semua bahan telah anda siapakan dan sesuai dengan bahan-bahan di atas langkah berikutnya adalah eksekusi masakan,,,,

 

Resep dan Cara Membuat Iga Kambing Bakar Empuk yang Sedap dan Istimewa
Resep dan Cara Membuat Iga Kambing Bakar Empuk yang Sedap dan Istimewa
  1. Siapkan wajan yang sesuai ukuran untuk masakan kemudian anda panaskan margarin atau minyak sayur dalam wajan. Setelah anda masukkan kewajan dan setelah margarin meleleh atau minyaknya panas, anda bisa memasukan bawang putih anda cincang dan kemudian masukkan bawang bombay yang sudah anda diiris ke dalam wajan. Aduk semua bumbu tersebut sampai merata dan mengeluarkan aroma harum usahakan dalam menggoreng bumbu dengan api yang kecil agar hasil bumbunya masak sempurna dan tidak gosong.
  2. Langkah berikutnya adalah memasukan iga kambing bersama dengan bumbu yang lainnya seperti saus tiram, saus tomat, garam ,saus sambal, kecap manis, merica dan gula dan pastikan anda memasukkan dengan takaran yang sesuai. Aduk semuanya sampai merata dan bumbu meresap dan masih dengan cara yang sama yaitu dengan api yang kecil agar semua bumbu dan iga bisa matang merata dan sempurna.
  3. Tuangkan air secukupnya atau sesuai selera anda dan masak diatas api kecil hingga matang dan bumbu benar-benar meresap. Jika sudah benar-benar masak, anda bisa langsung mengangkatnya.
  4. Langkah berikutnya siapkan alat pembakaran dan olesi alat pembakarnya dengan minyak atau margarin agar tidak lengket kemudian bakar iga kambing sambil diolesi dengan sisa bumbu sampai meresap dan harum dengan catatan tidak dibakar langsung diatas api.
  5. Sesering mungkin anda bolak balik agar matangnya merata dan jika sudah hampir matang kembali anda oleskan bumbu supaya bumbunya meresap sampai iga kambing benar-benar matang.
  6. Jika sudah matang, anda bisa langsung menyajikannya pada tempat atau piring saji yang sudah tersedia hias atau sajikan dengan menarik agar selera semakin bertambah.

Ok mams tahapan membuat Iga kambing bakar sudah selesai dan langkah berikutnya adalah penyajian. Sajikan dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih hangat agar lebih nikmat dan menggugah selera. Agar acara makan anda menjadi lebih istimewa jangan lupakan berdoa selain itu anda bisa melengkapinya dengan menu tambahan yang lainnya. Jika anda pecinta pedas, maka tidak ada salahnya jika anda menyantapnya bersama dengan sambal trasi. ( Artikel lainnya : Sambal Trasi Pedas Mantap level 1-20)

Itulah resep dan cara membuat iga kambing bakar empuk yang sedap dan istimewa. Simpel dan mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa kreasikan resep kreatif anda agar lebih bewarna semoga resep yang kami sajikan untuk anda ini bisa menjadi inspirasi dalam menyajikan menu makan untuk keluarga tercinta di rumah. Menu makan yang berbeda akan membuat makan menjadi lebih berselera. Maka dari itu, sajikan menu yang berbeda setiap harinya untuk keluarga di rumah.

 

Jangan tinggalkan komen dan saran di bawah silahkan bagikan atau share ke teman-teman anda……..!!!! terima kasih

About the Author: Nabila Az-zahra Maheswari